Selasa, 10 April 2012

Mengenal Windows Powershell
Anonim20.12.00

Pas lagi iseng-iseng oprek Windows 7 (emang doyan iseng2 ngoprek sih,,hehe. .Stick out tongue), saya sempat bingung dengan program yang bernama Windows Powershell, buat apa sih nih program, perasaan di XP ato Vista saya belum pernah ngeliat nih program.. pas dibuka kok kayak Command Prompt, terus yang satu lagi yang ISE-nya berbasis GUI, hmm...ya udah deh googling sana-sini beserta eksplorasi, ketemu deh jawabannya,,hehe. ..

Cekidot ah...
Saya coba iseng memasukan beberapa perintah yang biasa dipakai pada Command Prompt, pertama masukin perintah 'dir', alhasil yang ditampilkan pada Windows Powershell berbeda dengan Command Prompt, lalu saya ketikkan perintah 'ls' pada Windows Powershell, yang tampil adalah sama ketika mengetikkan perintah 'dir', tetapi pada Command Prompt, perintah ini tidak bisa dijalankan.



hmm..jadi tambah bingung nih,, sebenarnya buat apa sih Windows Powershell ini??
ada uraian sedikit tentang Windows Powershell ISE ini, yang saya kutip dari http://wss-id.org/blogs/tutang/archive/2009/11/04/ada-apa-dengan-powershell-di-windows-7.aspx,
Windows PowerShell adalah bahasa scripting yang dirancang khusus untuk administrasi sistem. PowerShell ini dibangun di Microsoft. NET Framework, Windows PowerShell akan sangat membantu para IT profesional dalam kontrol dan mengotomatisasi administrasi sistem operasi Windows dan aplikasi yang berjalan pada Windows.
Paca Windows PowerShell di WINDOWS 7 sudah terintegrasi langsung, jadi kita tidak harus mendownloadnya terlebih dahulu seperti pada versi-versi windows sebelumnya. PowerShell tersedia dalam dua jenis, yaitu Windows PowerShell V2 ISE ( Integrated Scripting Environment ) dan Windows PowerShell V2. Bedanya, pada PowerShell V2 ISE disertakan GUI dan menyediakan debugger, syntax highlight, dan fitur tab.(yang saya eksplorasi adalah yg ISE)
 Berikut penjelasan fitur-fitur yang terdapat pada Powershell ISE :
  • New cmdlets. Windows PowerShell yang baru ini sudah include 100 cmdlets baru, including Get-Hotfix, Send-MailMessage, Get-ComputerRestorePoint, New-WebServiceProxy, Debug-Process, Add-Computer, Rename-Computer, Reset-ComputerMachinePassword, and Get-Random.
  • Remote manajemen. Anda dapat menjalankan perintah pada satu komputer atau ratusan komputer dengan satu perintah. Anda dapat membuat sesi interaktif dengan satu komputer. Dan, Anda dapat menetapkan satu sesi yang dapat menerima perintah remote dari beberapa komputer.
  • Windows PowerShell Scripting Integrated Environment (ISE). Windows PowerShell ISE adalah antarmuka pengguna grafis untuk Windows PowerShell yang memungkinkan Anda menjalankan perintah, dan menulis, mengedit, menjalankan, menguji, dan debug script pada jendela yang sama. Menawarkan hingga delapan lingkungan eksekusi independen dan termasuk built-in debugger, multiline mengedit, selektif eksekusi, sintaks warna, baris dan kolom nomor, dan konteks-sensitif Bantuan.
  • Debugger. Windows PowerShell debugger dapat membantu Anda debug fungsi dan skrip. Anda dapat mengatur dan menghapus breakpoints, langkah melalui kode, periksa nilai-nilai variabel, dan menampilkan panggilan-jejak stack.
  • Modul. Windows PowerShell modul membiarkan anda mengatur Windows PowerShell script dan fungsi-fungsi menjadi independen, self-contained unit. Anda dapat paket cmdlets Anda, penyedia, skrip, fungsi, dan file lainnya ke dalam modul yang dapat Anda mendistribusikan kepada pengguna lain. Modul yang mudah bagi pengguna untuk menginstal dan menggunakan Windows PowerShell dari snap-in. Modul dapat mencakup semua jenis file, termasuk file audio, gambar, file Help, dan ikon. Modul berjalan dalam sesi yang terpisah untuk menghindari konflik nama. 




  • Incoming Search Terms

    Powershell, apa itu Powershell, pengertian powershell, windows 7, ada apa dengan poowershell
    , , ,
    Comments
    0 Comments